KTP IN SCHOOL

Foto:

https://harianbangsa.net/ktp-in-school-disdukcapil-tuban-blusukan-ke-sekolah-sekolah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban melaksanakan program layanan pembuatan KTP baru bagi pelajar yang masih duduk di bangku SMA sederajat. Salah satunya dengan blusukan ke sekolah-sekolah.

Dengan layanan KTP In School, kemudahan siswa-siswi SMA sederajat untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebab, pemeriksaan e-KTP dapat dilakukan didalam sekolah. Sehingga mereka yang sudah berusia 17 tahun tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil atau kantor kecamatan.

Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid mengatakan, layanan pembuatan KTP jemput bola tersebut merupakan implementasi dari program Pemkab Tuban sebagai upaya mendekatkan masyarakat dengan layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk).

"Layanan KTP Di Sekolah ini mempermudah pelajar mendapatkan KTP. Sejauh ini sudah berjalan di dua sekolah, SMAN 2 Tuban dan SMKN 1 Tuban," jelas Rohman Ubaid, Kamis (7/7/2022).

Meski baru berjalan, mantan Camat Kerek ini menuturkan, persiapan akan memaksimalkan program tersebut dan terus keliling di sekolah-sekolah negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Tuban. Mengingat kondisi sekolah saat ini sedang libur panjang, layanan KTP In School dialihkan kepada penyandang disabilitas.

"Untuk pembuatan KTP baru ini sementara kita alihkan bagi penyandang disabilitas karena masih masa libur panjang sekolah," imbuhnya.

Ubaid menjelaskan, khusus untuk kaum difabel ini, membuat e-KTP dilakukan secara door to door. Pemberian secara langsung tersebut dilakukan untuk mempermudah para penyandang disabilitas dalam mengurus dokumen kependudukan.

"Layanan Adminduk bagi difabel ini sudah terlaksana di Kecamatan Soko. Sebanyak 32 orang difabel telah mendapatkan layanan Adminduk dari Disdukcapil Tuban," tutur mantan Kabag Humas Pemkab Tuban ini.

Lebih lanjut, selama libur sekolah layanan pembuatan KTP bagi para penyandang disabilitas. Dengan begitu, setelah memasuki masa sekolah petugas di lapangan dapat lebih fokus melayani para pelajar.

"Mulai minggu depan Disdukcapil Tuban akan memberikan layanan Adminduk bagi difabel di wilayah Tuban bagian barat," katanya. (wan/n)


Tinggalkan Komentar anda

GALERI FOTO